Transferring Innovation ™

Particle Size Analyzer

psa

Metode pengukuran partikel nano memiliki berbagai macam  tehnik,  pengukuran secara umun berdasarkan gambaran jumlah partikel maupun berdasarkan  intensitas pergerakan partikel, dikenal dengan prinsip statis maupun dinamis. Pengukuran dengan metode DLS (Dynamic Light Scattering) memiliki keunggulan antara lain adalah cepat dan effisien dibandingkan dengan pengukuran yang lain. Metode ini berdasarkan intensitas pergerakan partikel kemudian diolah menjadi nilai ukuran partikel. Dikarenakan berdasarkan intensitas, cara  preparasi, pemilihan pelarut dan konsentrasi sampel berpengaruh dalam hal pengukuran sampel.

Zeta potensial adalah nilai yang digunakan  untuk mengetahui stabilitas dari partikel, pengukuran zeta potensial dilakukan dengan metode elektrokinetik, partikel yang bermuatan akan bergerak berdasarkan kutub elektrode yang berlawanan dengan muatan partikel, pergerakan partikel mengambarkan nilai zeta potensial. Pengukuran nilai zeta potensial dipengaruhi oleh cara preparasi sampel, muatan elektron dan pemilihan pelarut.

 

Tujuan
Setelah mengikuti workshop ini, peserta akan memahami :

1. Mengarahkan dan memberi kepahaman kepada peserta mengenai prinsip dasar PSA dan janis material yang bisa digunakan.

2. Mengarahkan dan memberikan pemahaman mengenai metode analisis PSA.

3. Mengarahakan peserta dalam menentukan teknik pengukuran partikel.

4. Mengarahkan dan memberikan pemahaman kepada peserta dalam preparasi sampel dan pengoperasian alat serta pengolahan data selama praktikum SEM.

 

Pokok Pembahasan

1. Prinsip dasar PSA dan jenis material untuk PSA.

2. Metode analisis PSA.

3. Teknik pengukuran partikel.

4. Preparasi sampel dan praktikum alat.

 

Metode

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
1. Presentation
2. Discuss
3. Praktik Alat dan Uji Bahan.

 

Lama Training

2 Hari